Rabu, 30 April 2014

Jakarta, Kota dengan Pertumbuhan Terpesat Sedunia

 
Ibu kota Republik Indonesia, Jakarta, menempati urutan pertama sebagai kota dengan pertumbuhan terpesat di dunia dalam indeks Emerging Cities Outlook versi A.T. Kearney, sebuah firma konsultan bisnis asal Chicago, Amerika Serikat.
Di dalam hasil penelitian yang dirilis pada 15 April 2014 itu, Jakarta mengalahkan sejumlah kota besar di antara negara-negara dengan pendapatan rendah lainnya, seperti ibu kota Filipina, Manila yang berada di urutan ke-2; Ehtiopia, Adis Ababa di urutan ke-3; Brasil, Sau Paulo di urutan ke-4; India, New Delhi di urutan ke-5; Brasil, Rio de Janeiro di urutan ke-6; Kolombia, Bogota di urutan ke-7; India, Mumbai di urutan ke-8; Kenya, Nairobi di urutan ke-9; dan Malaysia, Kuala Lumpur di urutan ke-10.

Jika dibandingkan dengan seluruh kota besar dari semua negara di dunia, Jakarta masih berada di peringkat 51, dengan skor 17,2. Jauh di bawah New York, sebagai kota yang menempati urutan pertama indeks kota global dengan skor 61,7.
Meski begitu, posisi Jakarta ini jauh lebih baik. Alasannya, selama 6 tahun, sejak 2008, Jakarta berhasil naik 6 peringkat. Adapun peringkat ibu kota Thailand, Bangkok melorot dari posisi 15 ke tingkat 42, akibat ketidakstabilan politik di negara itu.
Dari siaran pers yang dikutip situs prnewswire.com, Ahad, 27 April 2014, salah satu peneliti A.T. Kearney, Andres Mendoza Pena, mengatakan Jakarta menempati urutan pertama karena menunjukkan peningkatan kualitas terutama dalam hal keamanan, perlindungan lingkungan, dan tingkat pendapatan per kapita.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Post