Selasa, 01 Oktober 2013

BABYMETAL : Ketika Japanese Pop dan Death Metal Berpadu

BABYMETAL, sebuah project grup pop asal Jepang yang beranggotakan tiga cewek belia merilis klip barunya "Headbangeeeeerrrrr!!!!!”. Ini merupakan single baru mereka yang sekali lagi menampilkan campuran antara nuansa pop Jepang dengan metal.

Single "Headbangeeeeerrrrr!!!!!" akan dirilis pada 4 Juli 2012 via iTunes. Ini bukan pertama kalinya BABYMETAL merilis sebuah lagu campuran pop Jepang dengan elemen metal. sebelumnya mereka juga sempat merilis beberapa lagu sejenis seperti “Doki Doki Morning” dan “Like!”.


BABYMETAL terbentuk pada 2010. Tiga anggota grup yang rata – rata masih berusia 12 – 14 tahun ini berhasil menarik perhatian publik karena musik mereka yang mengumbar ritem speed/death metal yang kental, terkadang juga muncul selingan vokal growl, dipadu dengan elemen pop/disko Jepang yang gemerlap dan kostum pop Asia Timur yang menonjolkan unsur teenage fashion plus penampilan panggung yang merupakan kombinasi antara dance J-Pop dengan beberapa gerakan khas para metalhead seperti headbang dan bahkan terkadang wall of death.


Personil BABYMETAL adalah Suzuka Nakamoto a.k.a Su-Metal (Vocals dan Dance), Moa Kikuchi a.k.a Moametal (Screamer and Dance) dan Yui Mizuno a.k.a Yuimetal (Screamer and Dance).


Kemunculan mereka dengan cepat direspon oleh publik baik dari Jepang maupun dari luar Jepang. Ini karena single – single mereka juga dipasarkan di luar Jepang. Single pertama mereka “Doki Doki Morning” bisa dibeli di Amerika Serikat via gerai – gerai iTunes. Label rekaman mereka bahkan membuat sebuah video promotional dalam bahasa Inggris.


Terlepas dari apakah mereka akan bertahan lama atau tidak dengan konsep yang mereka usung saat ini, namun BABYMETAL cuma satu contoh bagaimana Jepang berhasil mengolah sebuah corak kultur global yang dicampur dengan kultur lokal. Resep yang berbahan musik global – dalam hal ini adalah heavy metal yang cepat dan keras – dipadukan dengan dengan Japanese pop yang ringan dan centil. Sebuah campuran yang mungkin sebelumnya tak banyak dilirik orang. (dev/RockenBlast)







Sumber : www.rockenblast.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post