Senin, 01 Juli 2013

Aksi Demo Terbesar di Mesir, Jutaan Orang Serukan Morsi Mundur

Kairo, - Mesir kembali bergolak. Jutaan orang turun ke jalan-jalan untuk menyerukan pengunduran diri Presiden Mohamed Morsi. Ini merupakan aksi demo terbesar di Mesir sejak revolusi 2011 lalu.

Teriakan "Pergi!" terdengar membahana di Kairo dalam aksi demo besar-besaran yang berlangsung Minggu, 30 Juni waktu setempat.

"Ini merupakan aksi demo terbesar dalam sejarah Mesir," ujar sumber militer kepada kantor berita AFP, Senin (1/7/2013). Tidak disebutkan angka pasti para demonstran tersebut. Namun dikatakan sumber militer itu, jutaan orang ikut serta dalam aksi-aksi demo yang digelar di Kairo dan kota-kota lainnya di Mesir.

"Rakyat ingin pengunduran diri rezim," seru para demonstran yang berkumpul di Lapangan Tahrir, yang pernah menjadi pusat demo besar-besaran yang menggulingkan Presiden Hosni Mubarak dan membuat Morsi berkuasa.

"Ini revolusi kedua kali dan Tahrir merupakan simbol revolusi," tutur Ibrahim Hammouda yang datang dari kota Damietta untuk mengikuti demonstrasi tersebut.

Atas seruan mundur bagi Morsi, juru bicara Morsi, Ehab Fahmy menyatakan perlunya dialog nasional.

"Dialog merupakan satu-satunya cara supaya kita bisa mencapai kesepahaman... Presiden terbuka untuk dialog nasional yang nyata dan serius," tegas Fahmy pada konferensi pers.

Sebelumnya, para pendukung Morsi juga telah menggelar aksi demo selama berhari-hari untuk membela legitimasinya. Massa pro-Morsi juga bertekad akan terus berunjuk rasa.






Sumber : http://news.detik.com/read/2013/07/01/104105/2288680/1148/aksi-demo-terbesar-di-mesir-jutaan-orang-serukan-morsi-mundur?

1 komentar:

Related Post