Senin, 01 Juli 2013

Minum Teh Ampuh Kendalikan Kadar Glukosa Darah

Jakarta - Sudah minum teh pagi ini? Kebiasaan minum teh berefek baik untuk kesehatan. Penelitian yang dilakukan oleh Departemen Gizi Masyarakat, FEMA IPB, Bogor menemukan manfaat baru konsumsi teh hitam dan teh hijau.

Teh hitam atau black tea, adalah jenis teh hasil fermentasi dari daun teh. Sejak lama jenis teh ini bermanfaat baik bagi kesehatan. Sedangkan teh hijau atau green tea sering dikonsumsi pelaku diet untuk membantu menurunkan berat badan.

Penelitian sebelumnya yang diterbitkan British Medical Journal, mengungkapkan bahwa konsumsi teh hitam dalam jumlah besar dapat mengurangi resiko diabetes Teh hitam yang mengandung polisakarida dapat menghambat penyerapan glukosa darah.

Departemen Gizi Masyarakat, FEMA IPB, Bogor bersama Departemen Anatomi, Fisiologi dan Farmakologi, FKH IPB, Bogor juga Pusat Penelitian Teh dan Kina, Bandung, juga melakukan penelitian serupa.

Pada penelitian ini mereka melibatkan beberapa tikus percobaan yang mengalami hiperglikemia. Untuk menganalisis, tikus-tikus ini diberikan teh hitam dan teh hijau. Percobaan ini dilakuakan selama 16 hari dan urin diukur setiap hari atau 24 jam.

Kadar glukosa darah tikus diperiksa menggunakan glukometer. Sedangkan kadar glukosa urinya diperiksa dengan glukosuria dan diukur menggunakan paper strip for urinalysis. Pengukuran berat jenis dan pH juga dilakukan menggunakan test strip.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian tehesangat berpengaruh terhadap kadar glukosa darah dan urin. Selama 16 hari, tikus percobaan menghasilkan 667 mg/dL urin. Untuk berat jenisnya berkisar 1.017-1.030 yang masih termasuk dalam kategori normal.

Penelitian yang telah dipublikasikan dalam acara SEMNAS PAGI 2013, tikus-tikus yang diberikan untuk teh hitam dan teh hijau, secara nyata memiliki volume urin lebih banyak dibandingkan dengan tikus lainnya. Dengan begitu konsumsi teh hitam dan teh hijau efektif mengendalikan kadar glukosa darah.




Sumber : http://food.detik.com/read/2013/07/01/095151/2288611/900/minum-teh-ampuh-kendalikan-kadar-glukosa-darah?d992202284

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post