Senin, 01 Juli 2013

Brasil Bakal Juara Piala Dunia? Nanti Dulu

Jakarta - Brasil tampil perkasa di final Piala Konfederasi setelah mengalahkan Spanyol dengan skor telak 3-0. Itu tak lantas menjamin mereka jadi juara Piala Dunia karena belum pernah ada negara yang jadi juara beruntun di dua turnamen itu.

Senin (1/7/2013) dinihari WIB, Brasil meraih kemenangan gemilang dengan skor 3-0 di final Piala Konfederasi. Dua gol Fred dan satu lainnya yang dilesakkan Neymar mengantar Brasil meraih hat-trick Piala Konfederasi, atau yang keempat sepanjang sejarah digelarnya kejuaraan tersebut.

Hasil di Stadion Maracana tersebut jelas jadi dorongan moral hebat buat Tim Samba untuk menghadapi Piala Dunia 2014, yang digelar tak sampai setahun lagi. Apalagi yang mereka kalahkan adalah tim terbaik dunia dalam lima tahun terakhir.

Namun Brasil jelas tahu kalau hasil di Piala Konfederasi tak akan menjamin apapun saat mereka turun di Piala Dunia. Faktanya, menurut catatan Infostrada, belum pernah ada negara yang menjuarai Piala Konfederasi bisa melanjutkannya dengan jadi juara Piala Dunia di tahun berikutnya.

Semua bermula di tahun 1997, saat Piala Konfederasi edisi pertama digelar di Arab Saudi. Ketika itu Brasil keluar sebagai juara setelah menundukkan Australia dengan 6-0. Brasil, setahun berselang, memang masuk ke final Piala Dunia namun mereka kalah telak dari Prancis di final.

Piala Konfederasi berikutnya yang digelar jelang Piala Dunia adalah edisi ketiga (2001), dengan Jepang dan Korea Selatan jadi tuan rumah bersama. Prancis dan Jepang saling berhadapan di final tahun itu, dan akhirnya memunculkan Les Bleus sebagai kampiun. Setahun kemudian justru Brasil yang jadi juara.

Jerman menggelar Piala Konfederasi tahun 2005 sebagai pemanasan untuk Piala Dunia 2006, dan Brasil jadi juara di turnamen kali itu setelah memenangi duel dengan Argentina 4-1. Bagaimana hasil di Piala Dunia? Italia berjaya di sana setelah menjalani laga penuh drama dengan Prancis.

Terakhir, Brasil juga jadi juara saat Piala Konfederasi dihelat di Afrika Selatan. Tim Samba mengalahkan Amerika Serikat dengan skor ketat 3-2. Tapi setahun Berselang justru Spanyol menjuarai Piala Dunia pertamanya.

 
Piala Konfederasi yang digelar sebelum Piala Dunia
Juara Piala Konfederasi 1997: Brasil
Juara Piala Dunia 1998: Prancis

Juara Piala Konfederasi 2001: Prancis
Juara PIala Dunia 2002: Brasil

Juara Piala Konfederasi 2005: Brasil
JUara Piala Dunia 2006: Italia

Juara Piala Konfederasi 2009: Brasil
JUara Piala Dunia 2010: Spanyol

JUara Piala Konfederasi 2013: Brasil
Juara Piala Dunia 2014:?


*PIala Konfederasi pada awalnya digelar setiap dua tahun. Namun sejak 2005 diubah menjadi empat tahunan.

(din/mfi)




Sumber : http://sport.detik.com/sepakbola/read/2013/07/01/103731/2288674/73/brasil-bakal-juara-piala-dunia-nanti-dulu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post