Minggu, 16 Juni 2013

Harimau Sumatera Masih Terlihat di Bukit Rimbang


Sabtu, 15 Juni 2013 | 03:04 WIB
TEMPO.CO , Pekanbaru:Harimau Sumatera yang sudah kian menurun populasinya masih bisa ditemukan di Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Bukit Baling. Dalam hasil foto kamera jebakan yang dipasang di sana terlihat dua ekor Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatraensis) berjalan melintas di tengah rimba.
Harimau Sumatera Masih Terlihat di Bukit Rimbang

     Lembaga Word Wide Fund (WWF) memasang kamera itu di ketinggian 448 meter di atas permukaan laut, yang letaknya ada di kawasan Kampar Kiri Riau. Anggota Tim Perlindungan Harimau, Nursyamsu mengatakan bahwa Harimau itu binatang pemalu sehingga tidak menampakkan diri pada manusia.

     Tim Tiger Patroli bertugas mengidentifikasi populasi harimau menggunakan kamera jebakan yang dilengkapi sensor otomatis, sehingga dapat merekam pergerakan satwa liar di kawasan konservasi harimau sumatra itu, kamera dipasang di atas pohon dalam rentang waktu 30 hari. Ahli Spesies Harimau, Sunarto mengatakan hutan Bukit Rimbang Bukit Baling diakui sebagai kawasan prioritas jangka panjang konservasi harimau di dunia. Sejak 2005, WWF sudah menemukan lima jenis kucing hutan yakni harimau, macan dahan, kucing emas, kucing congkok dan kucing batu di kawasan itu.

     Sunarto juga mengatakan bahwa masih ada 70 jenis burung dan 50 jenis mamalia lainnya yang berada di hutan Bukit Rimbang Bukit Baling tersebut. Kondisi hutan Bukit Rimbang Bukit Baling saat ini masih dalam keadaan baik, namun WWF mengkhawatirkan kawasan konservasi Harimau Sumatera di sana mulai dibayangi ancaman berbagai sebab seperti pertambangan batu bara, meskipun area pertambangan masih berada pada perbatasan, dikhwatirkan akan merembet ke kawasan hutan yang berpotensi merusak sumber daya alam. Selain itu, alih fungsi hutan menjadi perkebunan merupakan ancaman serius terhadap keutuhan kawasan ini. Saat ini, diperkirakan 2.000 hektar lebih hutan ditumbangi masyarakat untuk perkebunan.

     Perburuan liar menjadi ancaman bagi populasi harimau, beruntung sejak 2008 Tim Tiger Patroli selalu berhasil mengamankan jerat harimau disekitar kawasan, jumlah jerat yang ditemukan pun semakin menurun dibanding lima tahun lalu.




Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2013/06/15/061488436/Harimau-Sumatera-Masih-Terlihat-di-Bukit-Rimbang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post